Wednesday, October 2, 2013

Bangsa Melanesia/ Papua Melanosoid

Bangsa Melanesia termasuk ras Negroid yang mempunyai cirri-ciri antara lain kulit kehitam-hitaman, rambut hitam dan keriting, bibir tebal, badan tegap, dan hidung lebar. Bangsa ini tersebar di Riau, yaitu suku Sakai/ Siak dan suku bangsa Papua Melanosoid yang mendiami pulau Papua, Kepualauan Kei, dan Kepulauan Melanesia.

Manusia wajak atau manusia solo diperkirakan nenek moyang dari manusia Melanosoid yang menjadi penduduk pulau papua dan Australia sebelum naiknya permukaan laut pada akhir zaman glasial (zaman es). Di papua sebagian kelompok wajak berkembang menjadi masyarakat yang mempunyai kebudayaan berburu dan meramu. Pada masa sekarang bkas-bekas itu dapat ditemukan di daerah teluk McCluer dan teluk Triton di kepala Cenderawasih. Bekas-bekas itu berupa tempat-tempat perlindungan di bawah karang atau yang disebut abris sous roche.


Mereka kemudian mengambangkan budaya perahu yang digunakan sebagai sarana untuk menangkap ikan di rawa-rawa dan di sepanjang panatai atau di muara sungai. Setelah berhasil mengembangkan budaya perahu, manusia yang menjadi penduduk Papua ini sebagian bermigrasi kea rah timur dan menjadi penduduk Kepulauan Malanesia. Tempat yang pernah mereka gunakan dapat dijadikan bukti dengan adanya lukisan dinding dan alat-alat dari batu. Hal ini dapat memperkuat dugaan bahwa penduduk Pulau Papua, Kepulauan Malanesia, dan Australia berasal dari arah barat menyebar ke timur.

sumber : Farid, Samsul. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA-MA/ SMK Kelas X. Bandung : Yrama Widya

11 comments:

  1. tambahin ciri-cirinya yang lengkap, dong....

    ReplyDelete
  2. kedepan akan saya lengkapi terima kasih sarannya,....

    ReplyDelete
  3. bang'tolong lengkapi,yg lain lg dong''

    ReplyDelete
  4. bang'tolong lengkapi,yg lain lg dong''

    ReplyDelete
  5. Judul. Mencari Mitra kerja dan donaur
    Saya aktifis peneliti,pengembang dan Pencipta Bahasa Melanesia dari berbagai sumber ilmu yang berasal dari "budaya dan Lingkungan zona West Papua" Penelitian yang telah saya lakukan adalah Menciptakan sebutan angka bilanga/nomor urut dari angka 0 sampai 1=nol 33 (sebutan nol sampai Desiliun) dalam bahasa melanesia. rencana saya ingin membuat buku kamus sebutan angka bilangan dalam bahas melanesia dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,jepang,arab dan bahasa negara lainya.

    Program lanjutan adalah:
    1. Menciptakan sebutan mata uang dalam bahasa melanesia-west papua;
    2. Menciptakan sebutan symbol's matematika dalam bahasa melanesia-west papua'
    3. Menciptakan Huruf Abjad dalam bahasa Melanesia
    4. Membuat buhu kamus bahasa Melanesia.
    5. Menyusun dan Menerbitkan buku-buku pelajaran matematika untuk diajarkan di sekolah-sekolah di west papua;

    Program jangka panjang :
    1. Penelitian Bahasa Persatuan Melanesia
    2. Pendirian Lembaga Penelitian,pengembangan dan penciptaan ilmu pengetahuan dalam bahasa
    melanesia-west papua.
    3. Pembangunan Laboratotium Penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan baru.
    4. perjuangkan Amazon (Hutan penelitian internasional asia pasifik) di papua kedepan.

    Untuk melanjutkan pekerjaan besar saya 6 poin diatas sering saya putus asah karena belum ada patner kerja / Mitra kerja serta belum ada donator khusus untuk program ini.
    Lagi pulah belum ada sponsor dari lembaga yang legal sehingga sagat terkatung-katung salam pekerjaan saya ini.
    Lagi pula saya belum punya biaya /dana operasional yang tetap. sehingga saya membutuhkan uluran tangan dari orang lain yang tergerak hatinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi orang-orang di Universita papua, Manokwari, terutama Pak Andreas Deda. Coba cari tahu. Terimakasih

      Delete
  6. Aku...? Jadi duta sampo lain...? Hahahaha... Ups... Dulu pernah.. coba.. sampo lain, tapi ketombe balik lagi. Aku sama pentin ajah...

    ReplyDelete
  7. Wkwkkwk artikelnya bohong
    Tolol loe ngga ada orang riau yang berambut keriting dan berkulit hitam kecuali orang Papua
    Stupid loe

    ReplyDelete
  8. Wkwkkwk artikelnya bohong
    Tolol loe ngga ada orang riau yang berambut keriting dan berkulit hitam kecuali orang Papua
    Stupid loe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suku Sakai di Riau dan Semang di semenanjung Malaysia adalah ras Papua Melanosoida... pemilik Asli tanah nusantara adalah Ras Papua Melanosoid yang kemudian karena kalah teknologi dengan ras Proto Melayu (dari Yunnan - China selatan) tersingkir ke arah timur Indonesia; perkawinan ras Papua Melanosoid dan Proto Melayu menjadi Ras Melayu Melanosoid yang tinggal di Ntt dan Kep Maluku. Lqlu datang pula Ras Deutro Melayu yang berteknologi lebih tinggi dari Proto Melayu sehingga Proto Melayu tersingkir dan menjadi suku Daya', Batak, Sasak, Sangir, Nias. Sedangkan Deutro Melayu menjadi auku suku lain di Indonesia.

      Delete