Wednesday, October 2, 2013

Bangsa Melayu Muda/ Deutro Melayu

Bangsa melayu muda merupakan ras mongoloid dan ciri-cirinya sama dengan abngsa melayu tua. Bangsa ini menyebar menjadi suku Aceh, Minangkabau, Jawa, Bali, Bugis, Makassar, dan sebagainya.

Sekitar 500 Sm dating migrasi dari ras deutro melayu dari daerah teluk Tonkin, Vietnam selanjutnya mendesak keturunan ras proto melayu yang telah menetap lebih dahulu. Deutro melayu kemidian menyebar ke berbagai daerah baik di pesisir pantai maupun pedalaman.

Hasil kebudayaan mereka terbuat dari logam (perunggu dan besi). Kebudayaan mereka sering disebut kebudayaan Don Song, yaitu suatu nama kebudayaan di daerah Tonkin yang memiliki kesamaan dengan kebudayaan deutro melayu.

Keturunan bangsa deutro melayu yang masih hidup hingga sekarang, diantaranya suku bangsa melayu, batak, minang, jawa dan bugis. Ras ini pada perkembangannya mampu melahirkan kebudayaan baru yang selanjutnya menjadi kebudayaan bangsa Indonesia sekarang.


Migrasi dari berbagai macam ras tersebut pada perkembangannya menjadi bercampur sehingga menghasilkan berbagai macam suku dengan beraneka cirinya seperti sekarang. Keanekaragaman bias terjadi karena perbedaan keadaan alam seperti letak geografis dan iklim, serta perkawinan campuran.

sumber : Farid, Samsul. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA-MA/ SMK Kelas X. Bandung : Yrama Widya

2 comments: