Sunday, September 21, 2014

Pengertian dan Kedudukan Sumber Sejarah

“Hai guys,..... sejarah kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Pengertian dan Kedudukan Sumber Sejarah. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian dalam mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan  data  lanjutan, mengasosiasi serta mengkomunikasikan hasil analisis dalam bentuk mengenai sumber sejarah, bukti sejarah dan fakta sejarah dan macamnya.”


Sumber sejarah disebut juga data sejarah. Dalam bahasa Inggris, data adalah bentuk jamak, sedangkan bentuk tunggalnya datum. Kata datum berasal dari bahasa Latin yang mengandung arti pemberian. Kata data diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keterangan yang benar dan bahan nyata yang dapat djadikan sebagai dasar kajian, analisis atau kesimpulan.
               
Data sejarah atau sumber sejarah juga mempunyai pengertian seluruh informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk merekonstruksi atau menyusun kembali peristiwa masa lalu. Pengunaan data atau sumber dalam belajar sejarah menjadi sangat penting karena sejarah merekonstruksi peristiwa yang benar-bear terjadi pada masa lalu. Oleh karena itu karya sejarah merupakan sebuah karya nonfiksi. Peristiwa yang direkonstruksi bukanlah khayalan. Inilah perbedaannya dengan karya sastra seperti novel, karena cerita di dalam novel tidak berdasarkan data atau sumber sejarah. Bahkan peristiwa yang diceritakan dalam novel merupakan hasil khayalan penulis novel.

Informasi yang diperoleh dari data atau sumber sejarah adalah keterangan sekitar apa yang terjadi, siapa pelakunya, di mana peristiwa itu terjadi dan kapan peristiwa itu terjadi. Seluruh keterangan inilah yang dijadikan dasar untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu menjadi sebuah kisah yang sudah dlengkapi dengan proses bagaimana peristiwa itu terjadi beserta latar belakangnya sehingga menjawab pertanyaan mengapa peristiwa itu terjadi.

Sumber :

Referensi :
  • Kuntowijoyo, 1994. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya
  • Marwati Djoened Poesponegoro & Nugroho Notosusanto. Sejarah Nasional Indonesia I – VII, Penerbit : Dep. Pend. & Keb. - Balai Pustaka, Cet. 6, 1990
  • Taufik Abdullah (Ed.). Indonesia dalam Arus Sejarah. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2010

No comments:

Post a Comment