Monday, September 22, 2014

Peradaban Lembah Sungai Indus (India Kuno)

“Hai guys,..... sejarah kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Peradaban di India Kuno. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian dalam Memahami berbagai jenis kehidupan  manusia Purba di Indonesia dan Dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika); Menggali informasi dari narasumber untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman tentang manusia purba Indonesia dan Dunia dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya; Mengumpulkan data lanjutan dari sumber primer maupun sekunder terkait dengan pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya peradaban Indonesia dan Dunia; Menganalisis informasi dan data yang didapat dari contoh peradaban dunia serta unsur-unsur yang diwariskan dalam kehidupan manusia di masa kini.”

Peradaban India kuno dikenal sebagai peradaban Lembah Sungai Indus. Luas geografis wilayah peradaban ini meliputi 1,25 juta km2 atau seluas Pakistan sekarang. Dua kota yang sangat terkenal di wilayah ini adalah Mohenjodaro di wilayah Pakistan Selatan sekarang dan Harappa di daerah Punjab. Dari reruntuhan yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa kedua kota tersebut sangat besar menurut ukuran masanya. Membentang sepanjang 4,8 km dan didiami oleh penduduk dalam jumlah besar. Dibangun dengan meng­gunakan bata, kedua kota tersebut sebagian besar tidak dikelilingi oleh benteng, kecuali menara pengawas yang tingginya 12 m sampai 15 m dari dataran sekitarnya.Peradaban Sungai Indus berkembang selama kurang lebih seribu tahun.

Namun, peradaban tersebut tampak muncul secara singkat dalam sejarah peradaban umat manusia karena mengalami kehancuran.

1. Masuknya Bangsa Arya dan Terbentuknya Peradaban India

a. Bangsa Arya

Bangsa Arya diperkirakan masuk ke India tahun 1000 SM, dalam kurun waktu berkembangnya peradaban India Kuno sejak 1500–500 SM. Fakta menunjuk­kan bahwa bangsa Arya datang ke India jauh setelah peradaban Lembah Sungai Indus runtuh.Ketika bermigrasi ke arah sebelah timur seperti Lem­bah Sungai Gangga dan daerah Delhi sekarang, bangsa Arya ber­temu dengan peradaban penduduk asli. Dari pertemuan itu, lahirlah sintesis budaya yang kemudian membentuk budaya India baru.

b. Sistem Kasta

Pada sekitar 500 SM, terdapat empat lapisan masyarakat, yaitu sebagai berikut.
  • Brahmana (pendeta) yang merupakan ahli agama dan ber­tanggung jawab dalam melakukan upacara-upacara ritual keagamaan.
  • Ksatria (bangsawan/priyayi) adalah yang harus memper­tahan­kan penduduk dari serangan musuh di medan tempur.
  • Waisya (petani dan pedagang) adalah penghasil bahan makanan dan kasta yang harus membayar pajak.
  • Sudra (buruh) yang semula sebagai budak taklukkan, bertugas melayani kelas lainnya dengan cara kerja keras.

Golongan yang tidak berkasta adalah yang kehilangan kastanya yang disebabkan pelanggaran dalam upacara ritual.Kelompok ini (Paria) bekerja di luar aturan keempat kasta tersebut.Secara sosial, pekerjaannya tidak diakui sebagai pekerjaan yang diharapkan oleh masyarakat.

c. Kepercayaan Masyarakat India Kuno

Berkembangnya sistem kepercayaan India Kuno tidak lepas dari perubahan yang terjadi dalam masyarakatnya, terutama bangsa Arya. Dewa-dewa bangsa Arya me­rupakan fenomena alam, seperti Agniatau Dewa Api, Indraatau Dewa Perang, dan Rudra atau Dewa Pencipta bencana yang menyebarkan penyakit kepada pengikut­nya. Dewa-dewa tersebut meng­hendaki upacara-upacara ritual pengorbanan.Keyakinan ini kemudian dikenal dengan Brahmanisme yang merupakan cikal bakal agama Hindu.Kepercayaan masyarakat India Kuno mencapai puncak­n­ya pada abad ke-6 dan 5 SM dengan berkembang­nya ajaran Hinduisme, Jainisme, dan Buddhisme.

2. Kerajaan-Kerajaan India Kuno dan Sistem Pemerintahannya

a. India di Bawah Persia
               
Pada 513–298 SM, India jatuh ke tangan bangsa Persia di bawah Kaisar Darius. Dari bangsa Persia, bangsa India mem­peroleh pe­ngetahuan mengenai pembuatan mata uang dari perak, bahasa, dan tulisan Aramaic (bahasa Persia), serta pengalaman ber­dagang dengan Barat.

b.  Dinasti Maurya

Di bawah Chandragupta, Kerajaan Maurya berkembang menjadi imperium yang wilayahnya membentang dari Punjab dan Pegunungan Himalaya di sebelah utara serta wilayah Afghanistan di barat sampai Benggala di sebelah timur.

c. Raja Ashoka
               
Sepeninggal Chandragupta, wilayah imperium diperluas oleh cucunya yang bernama Ashoka (269–232 SM) sampai ke Kalingga di pantai timur India.Pada masa pemerintahan­nya, Buddha ditetapkan sebagai agama negara.Dia sendiri adalah penganut Buddha yang taat.Pada masa Ashoka, peradaban India mencapai puncak kejayaannya.

Sumber :

Referensi :
  • Chaldun, Achmad. (1999). Atlas Indonesia dan Dunia. Surabaya: Karya Pembina Swajaya
  • Coupe, Sheena, and Barbara Scanlan. (1993). History Begins: A Global History of the Ancient World. New York: Longman.
  • Karls, Farah. (1997). World History: The Human Experinece. Ohio, United States: National Geographic Society.
  • Tugiyono K.S., Sutrisno Kutoyo, dan Alex Pelatta.(1984). Atlas Sejarah dan Lukisan Sejarah Nasional Indonesia.Jilid 1. Jakarta: Baru.
  • Latif, Chalid dan Irwin Lay.(1995). Atlas Sejarah Indonesia dan Dunia.Jakarta: Pembina Peraga.
  • Poesponegoro, Marwati Djoened, dan Nugroho Notosusanto. (1993). Sejarah Nasional Indonesia Jilid 1.Edisi ke-4. Jakarta: Balai Pustaka.
  • Soekmono, R. ( 1986) Sejarah Kebudayaan Indonesia Jilid 1. Yogyakarta: Kanisius.
  • Widianto, Harry  (2009). Atlas Prasejarah Indonesia.
  • Widianto, Harry  ( 2006) Jejak Langkah Sangiran.

1 comment:

  1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) ATAU KLIK SITUS KAMI
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    ReplyDelete